Wednesday, January 20, 2016

Subhanallah..!!! Inilah Jalan Pintas Menuju Syurga

Subhanallah..!!! Inilah Jalan Pintas Menuju Syurga - Negeri indah yg jauh di mata, namun tiap-tiap jiwa mengharapkannya. Ada yg mengusahakan sungguh-sungguh, ada juga yg jatuh bangun utk mendapatkannya. Tapi…adapula yg putus asa, sehingga membiarkan ia tenggelam dalam kubangan dosa. Kenapa? Sebab, dirinya merasa jalan ke surga itu susah, melelahkan pula tidak sedikit hambatan.

Subhanallah..!!! Inilah Jalan Pintas Menuju Syurga
ilustrsi


Sungguh, wahai sahabat yg nyaris putus asa, atau sudah berputus asa, & teman-teman yg tidak mau berputus asa, sudah ku dapati percakapan penuh nasehat dalam tulisan yg singkat, mengenai jalan paling mudah & dekat menuju surga…


Inilah percakapan yg ku maksud…

Si Fulan bertanya kepada temannya,

“Wahai saudaraku tercinta! Apakah engkau berharap surga?”


Temannya menjawab,

“Siapakah dari kita yg tak mau masuk surga? Siapa di antara kita yg tak mau mendapati kenikmatan yg kekal abadi? & siapakah di antara kita yg tidak mau merasakan kesenangan yg kekal, juga kelezatan-kelezatan yg terus menerus, yg tidak kan lenyap & tidak juga terputus?”


Si Fulan berkata,

“Kalau begitu…maka kenapa engkau tidak beramal shalih yg bisa menyampaikanmu ke surga?”


Temannya menjawab,

“Sesungguhnya jalan ke surga itu sulit, panjang, penuh kesukaran & duri. Sedangkan diriku ini lemah, tidak sanggup aku bersabar atas kesusahan & kesulitan yg terdapat dijalan itu.”


Si Fulan berkata,

“Saudaraku…jika engkau merasa tak akan bersabar dalam mentaati perintah-perintah Allah, juga bersabar buat menjauhi perbuatan-perbuatan maksiat tatkala di dunia, lalu bagaimanakah engkau dapat bersabar apabila kelak di akhirat engkau jadi penghuni neraka Jahannam?! mudah-mudahan Allah melindungi aku darinya.”


Temannya menjawab,

“Inilah yg mempengaruhiku & menjadikanku bimbang dalam urusanku. Akan tapi, saya tak mengetahui apa yg mesti kulakukan & dari mana saya mesti memulainya…. & sungguh saya sudah terlanjur terjerumus ke jalan maksiat & hal-hal yang diharamkan.”


Si Fulan berkata,

“Aku dapat menunjukkan padamu jalan pintas yg dapat menyampaikanmu ke surga. & jalan ini yaitu jalan yg mudah, tak ada kesusahan ataupun usaha yg berat di dalamnya.”


Temannya berkata,

“Tunjukkan padaku jalan itu, mudah-mudahan Allah merahmatimu. Sungguh aku senantiasa ingin memngetahui jalan yg mudah itu.”


Si Fulan berkata,

“Jalan yg dimudahkan ini, dijelaskan oleh Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitabnya “Al-Fawaaid”, di mana dirinya berkata,

’Marilah masuk ke surga Allah…serta berdekatan DenganNya di Negeri Keselamatan…tanpa ada letih…tanpa ada kesulitan…dan tidak dengan ada susah payah…bahkan melalui jalan yg terdekat & yg termudah…’


’Sesungguhnya, engkau kini sedang berada pada satu periode di antara dua masa…dan pada hakikatnya masa itu yaitu umurmu…yaitu di mana kini engkau ada…di antara periode yg sudah lalu & periode yg akan datang…’

’Adapun periode yg sudah lalu…maka ia diperbaiki bersama taubat, penyesalan juga permohonan ampun…dan itu bukanlah sesuatu yg susah bagimu…serta tak memerlukan amal-amal yg berat…karena sesungguhnya ia hanyalah amalan hati…’

’Dan pada periode yg akan datang…berusahalah menjauhi dosa-dosa…


& usahamu buat menjauhi dosa itu ialah hanya berupa usaha utk meninggalkan & bukanlah ia merupakan amalan anggota tubuh yg menyusahkanmu sebab sesungguhnya ia hanyalah berupa kesungguhan juga niat yg kuat…yang dapat menyenangkan jasadmu, hatimu juga rahasia-rahasiamu…’


“Apa yg terjadi pada masa lalu, diperbaiki dgn taubat…dan di masa akan datang diperbaiki dgn penghindaran (dari yg haram) dgn kesungguhan juga niat… & tak ada kesulitan bagi anggota tubuh atas dua usaha ini.”


“Akan tetapi, yg terpenting dalam masa kehidupanmu ialah masa di antara dua periode(ialah di mana disaat ini engkau berada). Bila engkau menyia-nyiakannya sehingga engkau sudah menyia-nyiakan kebahagiaan & kesuksesanmu. Tapi, apabila engkau menjaganya bersama perbaikan dua periode, merupakan periode sebelum & setelahnya, dengan cara yg sudah disebutkan…maka engkau akan selamat & menang dgn memperoleh kelapangan, kelezatan juga kenikmatan…”

Sehingga, inilah jalan ke surga yg gampang itu….


Bertaubat atas apa yg telah lalu selanjutnya beramal sholeh juga meninggalkan maksiat pada masa yg akan datang.


Si Fulan menyambung,

& kusampaikan pun padamu sabda Nabi SAW ,

“Setiap ummatku akan masuk surga, kecuali yg enggan!” sehingga shahabat tanya, siapakah yg enggan itu wahai Rasulullah? Nabi menjawab, “Siapa yg mentaatiku sehingga dirinya masuk surga & siapa yg tak taat padaku maka ialah yg enggan” (HR Al-Bukhari)

Berbahagialah / beruntunglah segolongan umat Nabi Muhammad SAW , yg nanti jika dibacakan kitab amalnya, didalamnya banyak amalan taubat/ bertaubat

& pula sabda Nabi shallallahu’alaihi wasallam,

“Surga itu lebih dekat terhadap salah seseorang dari kalian di bandingkan dekatnya tali sendalnya terhadapnya, begitu juga dgn neraka.” (Muttafaqun ‘alaih).

***
Mudah-mudahan Allah memudahkan bagi kita jalan menuju indahnya surga ..
& menghindarkan kita dari kemalasan ..
Amin Allahumma amin ..

Oleh : Muslimah.or.id

No comments:

Post a Comment