Friday, February 5, 2016

Musim Hujan Batuk Sering Melanda, Ketahuilah 4 Fakta Tentang Batuk yang Harus Kamu Ketahui Berikut Ini

Musim hujan seperti sekarang, kondisi tubuh sangat rentan untuk terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering sekali melanda saat hujan adalah batuk. Ketahuilah, batuk sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, tetapi mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, atau material kecil lainnya.




Batuk banyak sekali obatnya, Namun di Indonesia ternyata tumbuh mitos yang justru salah mengenai batuk. Nah, Berikut adalah 4 fakta terkait mitos tentang batuk yang perlu kamu ketahui.

1. Batuk Punya Masanya Sendiri.


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, debu, dan sebagainya. Karena itu, batuk tidak memiliki masanya sendiri dan jangan tunggu batuk sembuh dengan sendirinya.

2. Batuk Dalam Jangka Waktu Lama Pasti TBC.


Menurut dr. Dina Kusumawardhani, dilansir dari laman KlikDokter, ada banyak penyebab batuk kronis atau batuk lama, Tapi tidak selalu TBC. Bisa saja penyebabnya karena pneumonia, alergi, asma, kanker paru, dan sebagainya.

3. Makan Makanan Asam Dapat Menyebabkan Batuk.


Ini adalah sala satu mitos yang cukup sering muncul saat membicarakan tentang batuk. Sayangnya sampai saat ini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa makan makanan asam dapat menyebabkan batuk.

4. Sup Hangat Bisa Menyembuhkan Batuk.


Sebenarnya sup atau air hangat hanya bisa melegakan tenggorokan dan mengurangi iritasi, tetapi sama sekali tidak bisa menyembuhkan batuk.

Nah, jadi tahukan sekarang fakta-faktanya.. jadi jangan sampai salah menanganinya ya. Akan lebih baik jika kita mengobati batuk dengan segera, tapi daripada mengobatinya lebih baik kita mencegahnya saja. Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment