Thursday, February 4, 2016

Apakah Tata Tertib Saat Anda Sekolah? Coba Bandingkan Dengan 11 Tata Tertib Yang Aneh di Jepang

Setiap negara mempunyai sistem pendidikan yang unik, karena pendidikan bertujuan untuk membentuk karakter bangsa. Di Jepang misalnya, negara yang dikenal dengan peraturannya yang jarang berubah ini mempunyai peraturan sekolah yang super unik, bahkan bagi orang Jepang sendiri.

Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap para siswa, 12,5 % responden menjawab bahwa sekolah mereka memiliki beberapa peraturan yang aneh dan membingungkan.

Berikut beberapa peraturan sekolah yang aneh tersebut:

1.Siswa taman kanak-kanak (tk) harus bertelanjang kaki selama mengikuti pelajaran.




2.Siswa sd harus memakai helm dan berkelompok saat berangkat sekolah.




3.Di sekolah menengah pertama peraturan lebih ditekankan pada penampilan. Setiap siswa harus memakai kaos kaki.




4.Selama perjalanan dari rumah ke sekolah dan sebaliknya, setiap siswa dilarang memakai sweater, karena akan membuat penampilan tampak lebih buruk.




5.Semua anak SD di Jepang memakai tas sekolah yang sama. Tas ini sangat mahal gan untuk ukuran ane. Sampai 30.000 yen. Sekitar Rp.3.5 juta. Jaminan garansi 6 tahun. Jadi sekali dipakai, sampai nanti lulus SD gan.




6.Soal potongan rambut, rambut anak laki-laki harus pendek, panjang rambut di bagian belakang tidak boleh menyentuh krah baju.




7.Semua siswa sekolah mengengah pertama dilarang pacaran atau melakukan hal-hal yang berbau romantis.





8.Semua siswa dilarang memakai gelang lebih dari dua, ini untuk mengantisipasi agar tidak dipakai untuk mencontek saat ujian atau tes.




9.Anak laki-laki tidak boleh memakai minyak rambut, sampai rambutnya kering tuh.




10. Tidak ada sekolah favorit.





11. Tidak boleh membawa handphone.




Sungguh istimewa bukan sekolah di jepang. Di Indonesia kebanyakan siswa membawa handphone di sekolah tapi di jepang tidak boleh membawa handphone. DI setiap negara mempunyai peraturan sendiri-sendiri. Syukuri saja peraturan di Indonesia, sebab banyak juga orang Indonesia telah sukses.

No comments:

Post a Comment